ANALISIS RANTAI PEMASARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) BEKU (STUDI KASUS PT. YANAGI HISTALARAYA PPS KENDARI)

Eunike Vebe Pattola, La Onu La Ola, Wa Ode Piliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rantai pemasukan dan rantai pemasaran, HPP (Harga Pokok Penjualan) dan keuntungan dari pemasaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) beku studi kasus PT. Yanagi Histalaraya PPS Kendari.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017.Data diperoleh melalui wawancara secara langsung berdasarkan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus (case study). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini harga, jumlah udang beku dan biaya yang dikeluarkan. Data yang diperoleh uantuk rantai pemasukan dan rantai pemasaran dianalisis secara deskriptif kualitatif, untuk menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) menggunakan rumus Rp/Kg, RP total biaya dan Kg jumlah produksi dan untuk menghitung keuntungan dari pemasaran udang vaname beku yang diperoleh PT. Yanagi Histalaraya PPS Kendari menggunakan rumus π = TR/TC, π keuntungang, TR penerimaan dan TC total biaya yang dikeluarkan. Hasil analisis menunjukkan rantai pemasaran udang vaname beku di PT. Yanagi Histalaraya PPS Kendari melibatkan beberapa perantara pembudidaya, Surabaya dan Vietnam. Hasil total biaya yang dikeluarkan Rp 4.192.482.452 dengan jumlah produksi 82.585Kg sehingga dihasilkan Harga Pokok Penjualan sebesar Rp 51.639/Kg. Penerimaan PT. Yanagi Histalaraya selama bulan Mei sebesar Rp 4.294.420.000 dengan total biaya yang dikeluarkan Rp 4.192.482.452 sehingga menghasilkan keuntungan sebesar Rp 101.937.548.

Kata kunci: Rantai Pemasaran, Udang Vaname beku, PT. Yanagi Histalaraya


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jsep.v4i2.8402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2502-664X