EFEKTIVITAS PRODUKSI DAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI NELAYAN TANGKAP PANCING TONDA IKAN TUNA DI DESA KONDOWA KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON

Wa Lela, La Onu La Ola, Syamsul Kamri

Abstract


ABSTRAK


Setiap nelayan pancing tonda mempunyai hasil tangkapan yang berbeda-beda begitu pula dengan biaya yang dikeluarkan dalam satu kali proses penangkapan sehingga setiap nelayan berusaha meningkatkan efektivitas produksi dan efisiensi biaya produksi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji besaran efektivitas dan efisiensi biaya produksi yang dilakukan oleh nelayan pancing tonda ikan tuna dari 13 nelayan di Desa Kondowa Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Penelitian ini dilaksanakan selama periode Agustus sampai September 2020. Responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu seluruh nelayan pancing tonda ikan tuna yang berjumlah 13 yang ditentukan dengan metode sensus. Data diperoleh melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuisioner. Data primer yang dikumpulkan antara lain biaya bahan bakar, konsumsi, jumlah hasil tangkapan per trip dan harga penjualan, sedangkan data sekunder terdiri dari jumlah penduduk, tingkat pendidikan nelayan dan data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh di analisis menggunakan rumus Total Biaya, Penerimaan, Efektivitas Produksi dan Efisiensi Biaya Produksi. Hasil analisis menunjukan bahwa efektivitas produksi tertinggi yaitu dengan produksi 82 kg dengan tingkat efektivitas senilai 0,0000257, dan efektivitas terendah senilai 0,0002902 dengan produksi 73 kg, sementara tingkat efisiensi biaya produksi nelayan dalam satu kali penangkapan yaitu nilai tertinggi sebesar Rp38.955/kg dan yang terendah sebesar Rp3.446/kg. Dengan melihat hasil analisis diketahui bahwa efisiensi produksi yang telah dilakukan oleh nelayan pancing tonda Ikan Tuna telah efisien yaitu telah mencapai nilai yang sangat minimum tetapi belum efektif, hal ini dikarenakan alat pancing yang digunakan hanya menggunakan satu mata pancing dalam setiap gulungan tasi.

 

Kata Kunci: Nelayan, Pancing Tonda Ikan Tuna, Efektivitas Produksi, Efisiensi Biaya Produksi

Full Text:

PDF

References


Asri, M., Budiyanto & Riani, I. 2019. Analisis Usaha Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Pancing Tonda Dan Pancing Rawai Dasar Di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan. 4(2).

Azizah, N., Budiyanto & Mansyur, A. 2017. Analisis perbedaan pendapatan nelayan tangkap pancing tonda dan pancing rawai di kecamatan wawonii barat kabupaten konawe kepulauan. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 2(3), 170-177.

La Ola, O. 2014. Efisiensi biaya produksi dan daya saing komoditi perikanan laut di Pasar Lokal dan Pasar Ekspor. Jurnal Bisnis Perikanan (Journal of Fishery Business), 1(1).

La Ola, L,O. 2017. Ekonomi Produksi Perikanan. Penerbit CV Andi Offset: Jl. Beo 38-40 Yogyakarta. ISBN: 978-979-29-6378-8.

Littay, C., Wisudo, S. H., Haluan, J., & Harianto, B. 2017. Pengaruh Perbedaan Metode Pendinginan Dan Waktu Penyimpanan Terhadap Mutu Organoleptik Ikan Cakalang Segar. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 9(2), 717-726.

Mustafa, I., La Ola, L, O & Riani, I. 2019. Analisis Efisiensi Biaya Penangkapan Dan Pemasaran Ikan Cakalang Di Desa Kramat Kabupaten Pulau Taliabo Provinsi Maluku Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 4(1).

Sangadji, S., Mustaruddin, M., & Wisudo, S. H. 2013. Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Pengembangan Perikanan Tuna Di Kota Ambon. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 4(1), 1-8.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004, tentang Perikanan.

Wahju, R. I., Zulbainarni, N., & Soeboer, D. A. 2013. Hasil tangkapan pancing tonda berdasarkan musim penangkapan dan daerah penangkapan tuna dengan rumpon di perairan selatan Palabuhanratu. Buletin Psp, 21(1), 97-105.

Yusuf, R., Arthatiani, F. Y., & Maharani, H. 2018. Kinerja ekspor tuna indonesia: suatu pendekatan analisis bayesian. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 7(1), 39-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2502-664X