STRATEGI PEMASARAN USAHA IKAN HIDUP (STUDI KASUS UD. KAMASE) KOTA KENDARI

- Sarpan, - Budiyanto, Sjamsu Alam Lawelle

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi pemasaran usaha ikan hidup di UD. Kamase yang ada di Kota Kendari. Penelitian di laksanakan selama 3 bulan Mei sampai Agustus 2018, bertempat di jalan Sultan Hasanudin NO.42 D Kota Kendari. Pengambilan sampel di lakukan dengan metode studi kasus  kepada pemilik perusahaan UD. Kamase Kota Kendari. Data di peroleh melalui observasi, kuesioner, wawacara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran produk ikan hidup UD. Kamase yaitu, meningkatkan pemasaran produk ikan hidup, bukan hanya dengan perusahaan Singapore melalui internet tapi dengan perusahaan negara lain,  meningkatkan skill tenaga kerja, Memanfaatkan media internet untuk menjaga hubungan kerja sama dengan para pemasok dibeberapa daerah, Menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan lebih banyak perusahaan, Meningkatkan promosi tentang ikan hidup dengan menggunakan media elektronik, Mempertahankan lokasi strategis untuk meningkatkan produksi,  meningkatkan strategi bersaing dengan meningkatkan pemasaran ikan hidup,  Meningkatkan  promosi produk ikan hidup untuk menjaga persaingan usaha, meningkatkan ketepatan waktu pengiriman ikan hidup.

Kata kunci : Usaha Ikan Hidup, Analisis  SWOT, UD. Kamase, Kota Kendari


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2502-664X