Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS

e-Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, ISSN 2502-664X, memuat artikel dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan umum yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu sosial dan ekonomi perikanan. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel belum pernah diterbitkan pada media manapun atau tidak sedang dikirim untuk dipublikasikan ke media lain.

e-Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini diterbitkan empat kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan Oktober).

Pengajuan naskah

Pengajuan naskah dilakukan dengan menyerahkan salinan lunak (soft copy) dan cetak (hard copy) kepada sekretariat elektronik jurnal. Salinan lunak harus persis sama dengan salinan cetak. Naskah artikel adalah karya penulis sendiri dan bebas dari plagiarisme. Pengajuan naskah dapat dilakukan kapanpun kepada:

Sekretariat Elektronik Jurnal 
Gd. Perkuliahan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Lt.2, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari Sulawesi Tenggara 93232, e-mail: agbfish.uho@gmail.com

Naskah yang diterima editor akan ditelaah (review) oleh dua orang intern review yang disesuaikan dengan kajian penelitian penulis.

Penyiapan naskah

Pastikan bahwa naskah cukup jelas untuk disunting, dan ikuti hal berikut:

  • Ukuran kertas: A4 dengan batas pinggir 3 cm seluruhnya.
  • Draft naskah diketik satu kolom menggunakan Microsoft Word for Windows dalam spasi 1, tipe huruf Times New Roman, font 12.
  • Gunakan spasi tunggal sesudah tanda baca (titik, koma, titik dua, titik koma, dst.)
  • Naskah seyogyanya tidak melebihi 5000 kata (di luar tabel dan gambar) atau maksimal 25 halaman.
  • Gunakan Satuan Sistem Internasional (SI) untuk pengukuran dan penimbangan.
  • Nama ilmiah organisme disesuaikan dengan kode nomenklatur internasional (e.g. International Code of Zoological Nomenclature). Nama genus dan spesies ditulis dalam huruf miring (italik).
  • Penulisan nomenklatur pertama ditulis lengkap, sedang pada penulisan selanjutnya nama pertama cukup inisial dan nama kedua ditulis lengkap. Contoh: Decapterus ruselli menjadi D.ruselli.
  • Angka yang lebih kecil dari 10 dieja, misal tujuh spesies ikan, tetapi tidak dieja bila diikuti oleh satuan baku, misal 5 kg.
  • Jangan menggunakan singkatan tanpa keterangan sebelumnya. Kata yang disingkat sebaiknya ditulis lengkap pada penyebutan pertama diikuti singkatan dalam tanda kurung.
  • Tanggal ditulis sebagai ‘hari bulan tahun’, misal 28 Mei 2016
  • Peta memuat petunjuk latitude dan longitude, serta menyebutkan sumber data.
  • Periksa untuk memastikan bahwa gambar telah diberi nomor secara benar seperti yang dikutip dalam teks. Nomor dan judul gambar terletak di bagian bawah gambar.
  • Setiap tabel dan gambar diberi nomor urut dengan angka Arab.
  • Penggunaan garis bantu pada tabel hanya 3 garis horizontal dan tanpa garis vertikal. Gambar (histogram, diagram lingkar, dan grafik) dibuat hitam putih dengan pola arsiran, sedangkan gambar dan legenda tidak dalam kotak.
  • Pastikan bahwa tabel anda telah diberi nomor dengan benar dan berurutan sesuai dengan nomor yang dikutip dalam teks. Posisi nomor dan judul tabel ada di bagian atas tabel. Judul sebaiknya jelas, lengkap dan informatif. Letakkan sumber data dan catatan tepat di bawah tabel.
  • Tabel dan gambar diletakkan pada bagian akhir tulisan (sesudah daftar pustaka).

Bagian-bagian naskah

Judul: artikel ringkas dan efektif (tidak lebih dari 14 kata dalam bahasa Indonesia dan 10 kata dalam bahasa Inggris). Judul utama (Bahasa Indonesia) ditulis dengan huruf besar dan tebal, font 14 sedangkan judul kedua (terjemahan) ditulis dengan huruf biasa dan tebal, font 12, begitu sebaliknya jika naskah ditulis dalam Bahasa Inggris. Judul ditulis di tengah.

Nama: ditulis lengkap tanpa gelar. Penulisan nama dengan huruf tebal font 11. Alamat ditulis dengan huruf biasa font 10, yang memuat nama lembaga dan alamat disertai kode pos. Khusus penulis untuk berkorespondensi disertai alamat surat elektronik (surel).

Abstrak: ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Abstract) tidak melebihi 250 kata. Abstrak memuat tujuan, apa yang dilakukan (metode), apa yang ditemukan (hasil), dan kesimpulan secara umum. Hindari singkatan dan kutipan pustaka.

Kata kunci: ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Key words) tidak melebihi tujuh kata yang disusun menurut abjad.

Pendahuluan: menjelaskan secara utuh dan jelas alasan mengapa penelitian dilakukan. Hasil-hasil sebelumnya yang terkait dengan studi yang dilakukan dirangkum dalam suatu acuan yang padat. Nyatakan tujuan penelitian di pendahuluan.

Metode Penelitian: pada bagian ini peneliti harus menjelaskan metode penelitian secara jelas sebagai panduan peneliti lainnya jika akan melakukan hal yang sama. Jika metode yang digunakan merupakan metode baru, maka peneliti harus menjelaskan sedetail mungkin. Jika terdapat modifikasi metode dari rujukan yang diacu harus diberi keterangan secara jelas. Metode yang berasal  dari rujukan orang lain harus ditulis namanya. Penulis juga harus menjelaskan waktu dan tempat penelitian, teknik penentuan sampel dan teknik pengumpulan data secara jelas. Metode analisis diuraikan secara lengkap (jika baru) atau diacu.

Hasil : Semua data dalam hasil dipresentasikan dalam bentuk tabel atau grafik/gambar, dan dalam beberapa hal dapat ditampilkan secara deskriptif (dalam bentuk kalimat).

Pembahasan : Pembahasan dikemukakan sesuai dengan yang diperoleh berdasarkan metode yang digunakan. Hindari pembahasan ganda (double presentation) yang sudah tertuang dalam tabel atau grafik. Pembahasan dapat dilakukan melalui pembandingan dengan penelitian orang lain sebagai rujukan. Pembahasan lebih diutamakan mengintepretasikan hasil dengan dukungan pustaka bukan pengulangan hasil dalam bentuk kalimat.

Simpulan: dinyatakan secara jelas dan ringkas yang merupakan jawaban dari tujuan penelitian.

Persantunan. Ditujukan kepada perseorangan atau lembaga yang membiayai penelitian Anda dan atau orang yang membantu dalam pekerjaan anda.

Pustaka: Pustaka yang menjadi acuan harus pustaka primer (minimal 5 jurnal) yang terbit 10 tahun terakhir. Penulisan pustaka menganut sistem nama-tahun dalam pengutipan. Nama keluarga dan tahun publikasi dicantumkan dalam teks, contoh: Fauzi  (2005) atau (Fauzi & Anna, 2005) untuk satu dan dua penulis; Piliana et al. (2015) atau (Piliana et al., 2015) untuk tiga penulis atau lebih. Penulisan banyak pustaka kutipan dalam teks diurutkan dari yang tertua, contoh: (Clarke et al., 1992; Dahuri et al., 2001; Sobari et al., 2009; Lopez & Pascoe, 2011).

Daftar Pustaka: disusun menurut abjad nama penulis pertama. Pastikan semua pustaka yang dikutip dalam teks tertera di daftar pustaka, dan demikian pula sebaliknya.

  • Judul terbitan berkala dikutip lengkap (ditulis dalam huruf italik), yang diikuti oleh volume, serta nomor halaman dalam huruf roman (tegak): Lopez AN & Pascoe S. 2011. Net economic effects of achieving maximum economic yield in fisheries. Marine policy, 35: 489-495.
  • Judul buku ditulis dalam huruf italik, jangan menggunakan huruf kapital pada awal kata, kecuali kata pertama atau nama diri. Nama penerbit dan lokasinya, serta total halaman dicantumkan:

Kusumastanto T. 2003. Ocean policy. Dalam membangun negara bahari di era otonomi daerah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 106 hal.

  • Artikel yang termuat dalam kumpulan monograf seperti buku dan prosiding dituliskan: penulis – tahun, judul artikel. In: nama editor, judul monograf (ditulis dengan huruf italik), Nama penerbit dan lokasinya, serta halaman artikel:

Bleckmann H.1993. Role of lateral line in fish behaviour. In: TJ Pitcher(ed.) Behaviour of teleost fishes, Chapman and Hall, London. pp. 201-246.

  • Makalah yang belum dipublikasikan dan sedang dalam proses pencetakan diberi tambahan “in press”.


Penerbitan artikel

Penerbitan dilakukan setelah penulis menerima surat pemberitahuan penerimaan artikel (acceptance letter) sebelum jurnal diterbitkan. Untuk semua keperluan, penulis pertama dianggap sebagai penulis korespondensi artikel. Semua artikel yang diterima dapat diunggah dalam http://ojs.uho.ac.id/index.php/JSEP

 


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.