PENINGKATAN KARAKTER KREATIF DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN SENI KRIYA ANYAMAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS PLASTIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KENDARI

Siti Hajmalaila; Sahlan; Syahrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji perbedaan peningkatan karakter kreatif dan karakter peduli lingkungan antara pembelajaran seni kriya anyaman dengan menggunakan bahan bekas plastik dan tanpa menggunakan bahan bekas plastik pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment yang merupakan pengembangan dari True Experimental, dengan menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 324 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung untuk melihat dan menentukan nilai karakter siswa, berdasarkan indikator penilaian karakter yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan karakter kreatif dan peduli lingkungan dalam pembelajaran seni kriya anyaman dengan menggunakan bahan bekas plastik pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kendari. (2) Terdapat perbedaan karakter kreatif dan peduli lingkungan dalam pembelajaran seni kriya anyaman tanpa menggunakan bahan bekas plastik pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kendari, dan (3) Terdapat perbedaan peningkatan karakter kreatif dan peduli lingkungan antara pembelajaran seni kriya anyaman dengan menggunakan bahan bekas plastik dan tanpa menggunakan bahan bekas plastik pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kendari.

Kata Kunci: Bahan Bekas Plastik; Karakter Kreatif; Karakter Peduli Lingkungan; Seni Kriya Anyaman;


Full Text:

1-7


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v5i1.9714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: