PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI DAN STAD PADA MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PIANIKA DI KELAS IV SD NEGERI 08 MOWILA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Bahtiar Sawo; Irianto Ibrahim; La Ode Sahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis antara yang memperoleh pembelajaran dengan Model pembelajaran koopetarif tipe STAD,  mengetahui hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis antara yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI serta mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dnegan Model pembelajaran koopetarif tipe STAD dan pembelajaran dengan pendekatan SAVI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest group design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas IV SD Negeri 08 Mowila Kabupaten Konawe Selatan, dengan jumlah peserta didik 50 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas IV A, dan 25 siswa kelas IV B. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskripsi  dan analisis inferensial  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi belajar seni budaya siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model STAD hasilnya berupa nilai rata-rata (mean) yang dicapai sebesar 75.46; nilai median sebesar 73.30; nilai modus sebesar 73.30; standar deviasi sebesar 8.96; nilai minimal sebesar 60.00; nilai maksimal sebesar 93.30 dan jumlah nilai sebesar 1886.50. 2) Prestasi belajar seni budaya siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan SAVI diketahui hasilnya berupa nilai rata-rata (mean) yang dicapai sebesar 82.40; nilai median sebesar 80.00; nilai modus sebesar 80.00; standar deviasi sebesar 9.00; nilai minimal sebesar 66.70; nilai maksimal sebesar 100dan jumlah nilai sebesar 2060.00. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis antara yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan yang memperoleh pembelajaran dengan Model STAD. Hal ini dilihat berdasarkan hasil perhitungan SPSS 16.0 for Windows Evaluation Version, diperoleh nilai sign < α atau 0.009 < 0.05.

Keyword: Hasil Belajar;  Savi; STAD


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v4i1.7817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: