PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN WOLASI

Wayba; Alberth; La Ili;

Abstract


Pendidikan SBK memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, pembelajaran SBK di SD Negeri se-Kecamatan Wolasi masih kurang optimal. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas pembelajaran model Direct Instruction dan perbedaan hasil belajar SBK materi membuat karya kolase melalui Model Direct Instruction, serta pengaruh model Direct Instruction dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kec. Wolasi Kabupaten Konawe Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction terhadap hasil belajar SBK pada materi membuat karya kolase siswa kelas IV SD Negeri se-Kec. Wolasi Kabupaten Konawe Selatan. penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction terhadap hasil belajar SBK materi membuat karya kolase. Model pembelajaran project based-learning (PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar membuat karya kolase di kelas IV SDN 6 Wolasi. Hal ini didasarkan pada nilai signifikan uji independent sample t-test diperoleh bahwa thitung= 2,604 ≥ ttabel= 2,021 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,006 <α = 0,05, sehingga H0ditolak, yang berarti model pembelajaran project based learning(PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar membuat karya kolase.

Keyword:Hasil Belajar; PjBL; SBDP;


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i2.7813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: