PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) MATERI SENI TARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 06 ANGATA KONAWE SELATAN

Seli; I Ketut Suardika; La Aso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peleksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) materi seni tari pada siswa kelas V SD Negeri 06 Angata Konawe Selatan serta untuk Mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama siswa kelas V dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) materi seni tari SD Negeri 06 Angata Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas V SD Negeri 06 Angata Kabupaten Konawe Selatan, dengan jumlah peserta didik 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) materi seni tari siswa kelas V di SD Negeri 06 Angata Konawe Selatan berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang meliputi kegiatan pra pembelajaran, awal, inti, dan akhir. Pembelajaran SBK materi seni tari didukung dengan komponen yang meliputi tujuan, materi, metode, dan media. 2) Bentuk karakter kerjasama siswa kelas V di SD Negeri 06 Angata Konawe Selatanyang tampak pada pelaksanaan pembelajaran SBK berupa menghargai hasil karya orang lain, menampilkan hasil karya sesuai giliran, berbagi tugas sesuai tanggung jawab, berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas, berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan berupaya menghindari konflik.

Keyword: Pembelajaran; Seni Budaya; Seni Tari;


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i1.7804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: