KREATIVITAS SENI MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEMBENTUK BEBAS TERARAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PARIAMA KECAMATAN WAWOTOBI

Nur Saedah; Hilaluddin Hanafi; Alberth;

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas seni anak dalam kegiatan bermain membentuk bebas terarah pada anak kelompok B di TK Pariama Kec. Wawotobi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018, semester genap tahun pelajaran 2018-2019. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Pariama Kec. Wawotobi yang terdaftar pad asemeste genap tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi Data dalam penelitian ini adalah dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui pengamatan selama kegiatan berlangsung, melalui diskusi, dan hasil akhir dari pengamatan kegiatan dianalisis dengan memberikan kriteria baik, cukup maupun kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas seni anak dalam kegiatan bermain membentuk bebas terarah pada anak kelompok B di TK Pariama Kec. Wawotobi mengalami kenaikan dari pertemuan pertama yaitu tidak ada anak yang memiliki kriteria sangat baik, 4 anak dengan kriteria baik, 9 anak dengan kriteria cukup dan 4 anak dengan kriteria kurang, pada pertemuan kedua jumlah anak yang memiliki kriteria sangat baik adalah 2 anak, 7 anak dengan kriteria baik, 8 anak dengan kriteria cukup dan tidak ada anak dengan kriteria kurang. Pada pertemuan ketiga jumlah anak yang memiliki kriteria sangat baik adalah 3 anak, 10 anak dengan kriteria baik, 4 anak dengan kriteria cukup dan tidak ada anak dengan kriteria kurang

Keyword: Bermain; Kreatifitas; Seni


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i1.7802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: