TARI LULO NGGANDA PADA SUKU TOLAKI DI KABUPATEN KONAWE SELATAN

Nikarti; La Aso; Irianto Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pelaksanaan, makna gerakan dan nilai-nilai pendidikan dalam tari lulo ngganda di Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakanmetode  deskriptif  kualitatif dengan teknik pengumpulan data  melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penarikan informan dilakukan secara purposive sebanyak 10 orang. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan tari lulongganda meliputi dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan dimana lulo nggandaini biasanya dilaksanakan pada bulan September dan Oktober yang dihitung berdasarkan kondisi bulan di langit yang merupakan sistem penanggalan orang Tolaki. Tradisi ini dilaksanakan 3 hari 3 malam dimulai dari munculnya13 bulan di langit yang disebut tombaraleanggia, malam ke14 yang disebut molambu dan malam ke15 atau mataomehe (bulan purnama). Makna gerakan tari lulo ngganda meliputi tari  lulo titiisu  yang   harus dilakukan paling awal sebelum yang lainnya dimana gerakan tarian ini menyerupai gerakan burung tiytiysu yang dapat selalu ditemukan di areal lading sebagai titisan dari Sanggoleo Mbae yang kemudian berkecimpung di padi yang ditanamidi ladang. Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi lulongganda yakni nilai kepedulian sosial, kerja keras dan kebersamaan.

Keyword: Lulo; Ngganda; Tari;


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i1.7800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: