MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DALAM KEGIATAN BERNYANYI LAGU DAERAH TOLAKI PADA KELOMPOK B TK KUNCUP PERTIWI KENDARI

Sartin; I Ketut Suardika; Aris badara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan musikal anak didik sentra persiapan dapat ditingkatkan melalui kegiatan bernyanyi lagu daerah tolaki dan untuk memperoleh data mengenai kemampuan kecerdasan musikal anak pada Sentra Persiapan TK Kuncup Pertiwi Kota Kendari, peneliti menggunakan 1). Lembar observasi (pengamatan) KBM. 2). Lembar hasil belajar anak. 3). Lembar penilaian kinerja. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 (dua) siklus. Sumber data dalam penelitian ini adalah terdiri dari guru dan anak. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan jurnal serta data kuantitatif melalui praktek belajar. Dalam kegiatan pembelajaran lagu daerah Tolaki guru mengajarkan syair terlebih dahulu untuk menghafal lirik lagu, baru kemudian dinyanyikan berulang-ulang. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada anak didik Sentra Persiapan pada TK Kuncup Pertiwi Kota Kendari mengenai kecerdasan musikal anak didik melalui Kegiatan Bernyanyi diketahui : 1). Rata-rata kemampuan kelas pada pra tindakan yang mencapai 64,85 (kategori cukup baik)  menjadi 74 (kategori cukup baik) pada siklus I, dan meningkat menjadi 82,57 (kategori baik) pada siklus II. 2). Persentase ketuntasbelajaran klasikal pada pratindakan yang mencapai 51,43% menjadi 71,43 pada siklus I dan 88,57% pada siklus II. 3). Kinerja anak pada siklus I kualifikasi baik 68,57% menjadi 88,57% pada siklus II.

Keyword: Bernyanyi; Kecerdasan; Musikal;


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v3i1.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: