PENGARUH PENERAPAN TEKNIK BERNYANYI DAN TEKNIK BERCERITA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ANAK TK CAHAYA BUNDA BESULUTU

Petry Sirajuddin; Sahlan; La Ino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji apakah ada pengaruh penerapan teknik bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa anak TK Cahaya Bunda Besulutu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pretest posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Cahaya Bunda yang terdiri dari 2 kelas paralel dengan jumlah siswa 38 anak, dengan rincian Kelas B1 terdiri dari 14 anak dan kelas B2 terdiri dari 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil pengamatan untuk mengukur kemampuan kosakata bahasa anak. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan teknik bernyanyi dan bercerita terhadap penguasaan kosakata bahasa anak TK Cahaya Bunda Besulutu.

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Teknik Bercerita, Teknik Bernyanyi


Full Text:

15-20


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jpsb.v5i1.12573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya have been indexed on: