PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KENDARI

Salim Salim, Fahinu Fahinu, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbingterhadap pemahaman konsepmatematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri8 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­3 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari.

Keywords


Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep

Full Text:

Unduh File

References


Anderson, L dan Kratthwol, D.(2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Assesment. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifah, U dan Saefudin, A.A. (2017). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik. 5(3), 263-272.

Hadi, S dan Kasum, U.M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MATJurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 59-66.

Haerudin dan Iskandar, F.S.R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 2(1), 53-58.

Herwana., Sudia, M dan Hasnawati. (2017). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Setting Kooperatif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 8 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 5(1), 57-70.

Jihad, A dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Nurdyansyah dan Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pratiwi, D.D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 191-202.

Saragih, S dan Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. 18(4), 368-381.

Shadiq, F. (2009). Model-Model Pembelajaran MatematikaSMP. Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas.

Utari, V., Fauzan, A dan Rosha, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 33-38.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Yuliani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Anologi dan Generalisasi Matematis Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulkarnain, I dan Sari, A.N. (2014). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MATJurnal Pendidikan Matematika. 2(3), 240-249.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.9592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id