ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII-2 MTs NEGERI 2 KENDARI

Rismala Dewi, Lambertus Lambertus, Hafiludin Samparadja

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksploratif, metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam  penelitian ini adalah kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Kendari sebanyak 29 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subjek diperoleh dari tes. Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan  soal Persamaan Garis Lurus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal  Persamaan Garis Lurus yaitu kesalahan menginterpretasi bahasa, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan dalam keterampilan, (2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal  Persamaan Garis Lurus adalah siswa tidak memahami konsep, siswa tidak dapat menggabungkan konsep-konsep yang diperlukan dalam menyelesaikan soal, dan faktor keteledoran siswa, siswa tidak memahami maksud soal dan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal.

Keywords


analisis kesalahan; menyelesaikan soal; persamaan garis lurus

Full Text:

Unduh File

References


Biklen S.K. ,Bogdan, dan Robert C. (1982) Qualitative Research in Education. Boston : Allyn & Bacon, inc.

Budiyono.(2003). Statistika Dasar. Surakarta : UNS Press.

Dris, J, Tasari. (2011). MATEMATIKA Jilid 2untuk SMP dan MTS kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Fathani, Abdul Hakim. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gagne, R.M. (1983). Some issues in the Psychology oh Mathematics Instruction. Journal for Research in Mathematics Education.

Moleong, L.J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahaju, Endah Budi, dkk. (2008). Contextual Teaching and Learning Matematika: SMP/MTs Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Shadiq, F dan Nur Amini Mustajab. (2011). Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id