EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KENDARI

Febriyanti Tahir, Kodirun Kodirun, Rahmad Prajono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Projectterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2018/2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kelas VII8 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Kendari.


Keywords


model pembelajaran; missouri mathematics project; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

Unduh File

References


Ansori, H., &Aulia, I. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-58.

Agoestanto, A.,&Savitri, S. N. 2013.Keefektifan pembelajaran matematika mengacu pada Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah. In Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES (Vol. 26, pp. 71-77).

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., &Taufiq, I. 2017. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonsia.

Faradhila, N., Sujadi, I., & Kuswardi, Y. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 1-8.

Ma'arif, M. S.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Missiouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII MTs Assyafi’iyahGondangTulungagung. Jurnal Tadris Matematika IAIN Tulungagung.

Marliani, N. 2016. Pengararuh Model Pembelajaran Missiori Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kratif Matematis Siswa. JPPM. Vol.9(1).

Mastur. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4(1), hal 50-64.

OECD. 2018. Program for International Student Assesment (PISA) 2015 Results in Focus. New York: Columbia University.

Poima, D. M.2016. Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Perbandingan dan Skala Berdasarkan Tahapan Polya Bagi Siswa Kelas VI SD KRISTEN 03 Eben Haezer Salatiga. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Sari, N. R. U., Dantes, N., &Ardana, I. M. 2014. Pengararuh Model Pembelajaran Missiori Mathematics Project Terhadap Kemampuan menyelesaikan soal crita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. e-Journal Pasca Serjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.Vol.4.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapto, E., Alam, J. M. D. I. P. 2017. Pengararuh Model Pembelajaran Missiori Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahkan Masalah Matmatika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terawas Tahun Pelajaran 2017/2018., Lubuklinggau: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia

Tjalla, A. 2010. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka

Yulianti,E., Sukasno, & Friansah, D. 2015.Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)TerhadapKemampuanPemecahanMasalahMatematikaSiswaKelas X SMA Negeri 2 Lubuklinggau. JurnalPendidikanMatematika. Vol 1 No 2.

Zarkasyi, W. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Prakata




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id