PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI

La Hasan La Hasan, Anwar Bey, Hasnawati Hasnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari berjumlah 362 siswa. Sampel diambil dengan teknik purpossive sampling, kelas kontrol dan kelas eksperimen ditentukan secara acak (random sampling). Kelas eksperimen (kelas VIII-G) berjumlah 36 siswa diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol (kelas VIII-H) berjumlah 33 siswa diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasilnya, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (74,92) lebih tinggi daripada kelas kontrol (70,12). Kesimpulannya, pendekatan Contextual Teaching and Learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.

Keywords


contextual teaching; pembelajaran konvensional; hasil belajar matematika

Full Text:

Unduh File

References


Fatmawati. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Nurul Jamil Bombana. Kendari.

Hadiyanta, Nur. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kependidikan. Volume 43, Nomor 1.

Hasmiwati. (2017). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis SMPN 13 Kendari. Kendari.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 3 Nomor 1.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol.2, No.2.

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make A Match) untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. Vol. 3, No. 2.

Jihad, Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Johnson, Elaine. (2002). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Beajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Nursyaidah. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Forum Paedagogik Edisi Khusus Juli-Desember 2014.

Purnamasari, K., dan Himmawati P.L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk SMP Kelas VII Materi Segitiga dan Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 18 – 30.

Roslina dan Rahmadi. (2016). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Perbandingan pada Siswa MTs Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.3, No.1.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

_______. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supangat, Andi. (2010). Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Surya, Edy dan Rukmana, Siti. (2017). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id