PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI

Dino Steven, La Ndia La Ndia, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­-D sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model Problem Based Learning dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari.

Keywords


model pembelajaran; problem based learning; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

Unduh File

References


Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach (9th ed). New York, NY: Mc Graw Hill Companies.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., dan Utari S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Husnidar., Ikhsan, M., dan Syamsul R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. 1(1), 71 – 82.

Junaidi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Granded Response Models di SMA Negeri 1 Sakti. ISSN 2355-0074. 1(4), 14 – 25.

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(3), 92 – 104.

Kurniasih, I., dan Berlin S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, K.E. (2013). Implementasi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Sekolah Pascasarjana. UPI: Bandung.

Nahdi, D.S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas. 1(1), 13 – 24.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 14(1), 190 – 220.

Sujana, R., dan Utu R. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kendari Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 1(1), 61 – 76.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id