PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKATERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Nur Hajarus Afiatman, Hafiludin Samparadja, Mustamin Anggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematikaterhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Propotional Random Sampling.Kemudian, dipilih sampel kelas sebanyak 165 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.

Keywords


kecemasan matematika, gaya belajar, hasil belajar matematika

Full Text:

Unduh File

References


Anggraeni. 2010.Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja. Skripsi. Program Sarjana Psikologi Universitas Gunadarma. Depok.

Anita. 2014. Pengaruh kecemasan Matematika (Mathematic Anxiety) Terhadap kemampuan koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 3. No 1,2014, hal:125-132.

Aprilia.2017.Pengaruh Kecemasan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 G.Skripsi. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo. Kendari.

Aunurrahman.2012. Belajardan Pembelajaran. Bandung:Alfa Beta.

Deporter, Bobbi and Mike, Hernacki. 2013. Quantum Learning. Bandung: Kalfa PT Mizan Pustaka.

Ekawati, A. 2015. Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika SiswaKelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin.Vol 1. No 3, 2015, hal: 164-169.

Faradiba. 2016. Pseudo Kecemasan Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang. Vol 2. No 2, 2016, hal : 166-171.

Freedman, Ellen. 2012. Do You Have Math Anxiety ? Aself Test.(Online): (www.mathpower.com/anxtest.html, diakses pada tanggal 23 Desember 2013).

Ghufron, Nur dkk. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hawari, D. 2001. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id