KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMP PESISIR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DAN SELF-EFFICACY DI SMP NEGERI 16 KENDARI

Wa Ode Nur Isrian Sani, Kadir Kadir, Muhammad Sudia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan numerik siswa laki-laki dan perempuan, gambaran Self-Efficacy siswa, kemampuan numerik siswa dengan Self-Efficacy tinggi, kemampuan numerik siswa dengan Self-Efficacy sedang, dan kemampuan numerik siswa dengan Self-Efficacy rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total. Teknik pengumpulan data dengan Tes Kemampuan Numerik dan pemberian angket. Hasil analisis diperoleh: Kemampuan numerik siswa laki-laki 97,22% atau 35 siswa mempunyai kemampuan numerik rendah dan 2,78% atau 1 orang siswa memiliki kemampuan numerik sedang. Sedangkan siswa perempuan 100% atau 32 siswa mempunyai kemampuan numerik rendah. Rata-rata Self-efficacy siswa laki-laki 71,03 dan selfefficacy perempuan 75,07. 11 siswa laki-laki Self-efficacy tinggi kemampuan numeriknya rendah, 11 siswa perempuan Self-efficacy tinggi kemampuan numerikya rendah, 1 siswa laki-laki Self-efficacy tinggi kemampuan numeriknya sedang, 18 siswa laki-laki Self-efficacy sedang kemampuan numeriknya rendah, 20 siswa perempuan Self-efficacy sedang kemampuan numeriknya rendah. 6 siswa laki-laki Self-efficacy rendah kemampuannya numeriknya rendah, 1 siswa perempuan Selfefficacy rendah kemampuan numeriknya rendah.

Keywords


kemampuan numerik; perbedaan jenis kelamin; self-efficacy

Full Text:

Unduh File

References


Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitan: Suatu Pendekaan Praktik (Edisi Revisi). Jakata: Rineka Cipta.

Branata, S, A. (1987). Pengertian-pengertian Dasar dalam Pendidikan Luar Biasa. Depdikbud, Jakarta.

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu.

Kadir. (2009). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Kendari: Unhalu.

Karnoto, K. (1989). Psikologi Wanita (Jilid I); Mengenal Gadis Remaja dan Wanita Dewasa. CV Mandar Maju, Bandung.

Kunandar (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press.

Saban, M. R. (2014). Penigkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Kendari: PPS UHO.

Sugiyono,( 2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Rachmani, R. (2006). Pengaruh Kemampuan Numerik, Kemampuan Logika Abstrak Dan Aktivitas Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI Sma 1 Jepon. Skripsi. Surakarta: fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret Surakarta.

Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Muri. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tim Psiko-Akademik Salemba. (2016). 99% Sukses Tes Potensi Akademik Kerja & Akademik. Yogyakarta: Mukti Sewon Residence.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id