PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI

Waode Siti Khadijah Tulqubra, Muhammad Sudia, La Ode Ahmad Jazuli

Abstract


Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan persepsi siswa mengenai variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari sebanyak 429 siswa dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 172 siswa. Teknik pengumpulan data variabel  diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial.Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa: 1) ada perbedaan ratarata antar gaya belajar siswa dimana gaya belajar visual memiliki rata-rata yang lebih tinggi daripada kinestetik dan auditorial; 2) ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 18,7%; 3) ada pengaruh  signifikan persepsi siswa mengenai variasi mengajar guru terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 2,9%; 4) ada pengaruh signifikan gaya belajar dan persepsi siswa mengenai variasi mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 19,7% dansisanya 80,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


gaya belajar; persepsi siswa; hasil belajar matematika

Full Text:

Unduh File

References


Aqib, Zainal. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Danaryanti, Agni dan Herlina Noviani. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswi Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 3, Nomor 2 (hlm 204 – 212).

Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fatma, Firdaus Yulia. (2010). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas SMA. Skripsi Fakultas Ekonomi Unesa Surabaya.

Gilakjani, Abbas Pourhossein. (2012). Visual, Auditory, Kinaesthetic and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education. ISSN: 2162 – 6952. 2012, Vol. 2 No.1 (Hal 104 – 113).

Gunawan, Muhammad Ali. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lulan, Yuninda Anaci. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Variasi Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mulyadi, Seto, dkk. (2016). Psikologi Pendidikan:dengan Pendekatan TeoriTeori Baru Dalam Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Othman, Norasmah dan Mohd Hasril Amiruddin. (2010). Different Perspectives of Learning Styles from VARK Model.Procedia Social and Behavioral Sciences 7(C) (2010) 652– 660.

Sahidin, Latief dan Dini Jamil. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 2.

Sartika, Wa Ode. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawerigedi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo: Kendari.

Septiana, Anisa. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur.eJournal Psikologi 4(2): 165 – 176. ISSN: 2477 – 2674.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukur, Muhammad. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Kendari. Skripsi FKIP UHO: Kendari.

Thobroni M. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Winataputra, H. Udin S. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id