KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMP PESISIR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 14 KENDARI

Tria Oktarzi Malenda, Kadir Kadir, Suhar Suhar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: gambaran kemandirian belajar siswa, kemampuan numerik siswa laki-laki dan perempuan, kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar tinggi, kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar sedang, dan kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan random class. Teknik pengumpulan data dengan Tes Kemampuan Numerik (TKN), pemberian angket dan wawancara. Hasil analisis diperoleh: rata-rata kemandirian  belajar siswa laki-laki sebesar 69.05 sedangkan rata-rata kemadirian belajar siswa perempuan sebesar 69.67. KN siswa rendah 98.94%, dan 1.05% KN sedang. 3 siswa laki-laki kemandirian belajar tinggi KN rendah, 4 siswa perempuan kemandirian belajar tinggi KN rendah, 1 siswa laki-laki kemandirian belajar tinggi KN sedang, 34 siswa laki-laki kemandirian belajar sedang KN rendah, 40 siswa perempuan kemandirian belajar sedang KN rendah. 6 siswa lakilaki kemandirian belajar rendah dan KN rendah, 7 siswa perempuan kemandirian belajar rendah dan KN rendah.

Keywords


kemampuan numerik; perbedaan jenis kelamin; kemandirian belajar

Full Text:

Unduh File

References


Amir, Zubaidah MZ. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1), 14-31.

Arikunto, S .(2008). Prosedur Penelitan Suatu Penolean Polik. Jakata: Rineka Cipta.

Arikunto, S .(2010). Prosedur Penelitan: Suatu Pendekaan Praktik (Edisi Revisi). Jakata: Rineka Cipta.

Depdikbud .(2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Kadir. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pesisir. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 3 (2), 428-440.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Press.

Rustam, Ahmad. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Pesisir Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa , Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajuan, 1 (2)

Samirudin Rujumi. (2016). Tesis Pengaruh Model pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah MTC Siswa SMP diTinjau dari Kemandirian Belajar. Kendari: Universitas Halu Oleo (Tidak Dipublikasikan).

Mujiman, Haris. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Mandiri. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Tim Psiko-Akademik Salemba (2016). 99% Sukses Tes Potensi Akademik Kerja & Akademik. Yogyakarta: Mukti Sewon Residence.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id