PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI 1 KABAWO

Nurzayana Nurzayana, Hafiludin Samparadja, Kadir Tiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Kabawo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Kabawo yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes siklus. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal ke siklus I ke siklus II maupun ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes awal, siswa yang memperoleh nilai minimal 71 sebanyak 40% meningkat siklus I menjadi 64% siswa yang mencapai KKM, pada siklus II meningkat pula menjadi 76% dan pada siklus III  mengalami peningkatan lagi sebanyak 92% siswa telah mencapai standar KKM.

Keywords


model pembelajaran kooperatif; hasil belajar matematika

Full Text:

Unduh File

References


Ahiri, Jafar. (2008). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Unhalu: Kendari.

Depdiknas. (2009). Panduan Umum Pengembangan Silabus (Revisi). Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Fitri Rahma dkk. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 No. 1, hal. 1819

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ismail. (2004). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Khafid Muhammad dan Suroso. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan. Volume 2 No. 2, hal 189.

Nana Sudjana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nur, M. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id