PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA DARUL MUKHLISIN KENDARI

Asniyati Asniyati, Lambertus Lambertus, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA Darul Mukhlisin yang terdiri 3 kelas yaitu kelas Xputra yang berjumlah 25 orang, kelas Xputri 1 yang berjumlah 16 orang dan kelas Xputri 2 yang berjumlah 18 orang dengan keseluruhannya berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) angket, (2) Hasil belajar diambil dari hasil ulangan semester; (3) Dokumentasi. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Teknik analisis data  menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data dan  pembahasan diperoleh kesimpulan: Ada pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Darul Mukhlisin Kendari yang dintunjukkan dengan persamaan regresi Y = 40,661 + 0,360X. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami perubahan  dalam satu satuan maka hasil belajar matematika siswa akan mengalami peningkatan sebesar 0,360.

Keywords


motivasi belajar, hasil belajar matematika; statistic deskriptif

Full Text:

Unduh File

References


Dalyono, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumu Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press Ngalim Purwanto, M. (2007). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Prayitno, Elida. (1989). Motivasi dalam belajar dan berprestasi. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan tinggi.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&H. Bandung: ALPABETA.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning.Surabaya: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id