DESKRIPSI PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 NAPABALANO

Anwar Anwar, Faad Maonde, La Masi La Masi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pengetahuan dasar matematika siswa SMP Negeri 1 Napabalano. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Napabalano. Pengambilan sampel adalah quota sampling. Pengambilan data TPDM diperoleh rata-ratanya sebesar 55,23, median sebesar 56, modus sebesar 56, standar deviasinya sebesar 11,52, varians sebesar 132,78 dan persentase perolehan nilai siswa termasuk kategori rendah sebesar 57,59%. Rata-rata untuk siswa kelas VII sebesar 54,28, median sebesar 52, modus sebesar 48, standar deviasinya sebesar 11,31, varians sebesar 127,82 dan persentase perolehan nilai siswa termasuk kategori rendah sebesar 60,89%. Rata-rata untuk siswa kelas VIII sebesar 56,65, median sebesar 60, modus sebesar 40, standar deviasinya sebesar 12,38, varians sebesar 153,33 dan persentase perolehan nilai siswa termasuk kategori sedang sebesar 50,62%. Rata-rata untuk siswa kelas IX sebesar 54,57, median sebesar 56, modus sebesar 56, standar deviasinya sebesar 10,78 dan varians sebesar 116,11 dan persentase perolehan nilai siswa termasuk kategori rendah sebesar 63,03%

Keywords


Tes Pengetahuan Dasar Matematika; kategori rendah; quota sampling

Full Text:

Unduh File

References


Faticha Rizky Nur I. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Jigsaw pada Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, diterbitkan, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Halistin. (2014). Analisis Deskripsi Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri se-Kota Kendari. Skripsi tidak diterbitkan, FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari

Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahdaniah Hasan. (2016). Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Pengetahuan Dasar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Skripsi, tidak diterbitkan, FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari.

Maonde, Faad. (2011). Aplikasi Penelitian Eksperimen dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Kendari: Unhalu Press.

Muliani Majja. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kendari). Skripsi, tidak diterbitkan, FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari.

Nismawati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bombana. Skripsi, tidak diterbitkan, FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Nuha Medika




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id