PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TONGKUNO

Mustika Mustika, Suhar Suhar, La Ndia La Ndia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (2) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional (3) apakah model pembelajaran tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang terdiri dari 2 kelas VIII1 ,VIII2. Desain penelitian ini adalah the posttest only control group design. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pola bilangan dengan nilai rata-rata 75,41 (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pola bilangan dengan nilai rata-rata 65,56 (3) model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


model pembelajaran kooperatif; model pembelajaran tipe NHT; hasil belajar siswa

Full Text:

Unduh File

References


Aisyah, N. (2007). Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Asmani, J. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.

Asnany, Y. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kendari. FKIP UHO : Kendari.

Djamarah, S. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Hendriana, H. (2014). Penilain Pembelajaran Matematika. Refika Aditama: Bandung.

Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi.

Marsi, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Abstraksi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Juornal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran Volume 4.

Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhsetyo, G, dkk.(2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Tarsito.

Nur, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasl Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Skripsi U.H.O : Tidak Diterbitkan.

Poerwadarminta, (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pressindo.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, G. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Shoiman, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. ArRuzz Media, Yogyakarta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sundayana, R.(2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suparno, P. (2007). Filsafat Kontrukvisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Thobrani, M & Arief Mustofa, (2013). Belajar dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id