MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 LAKUDO

Asrina Ena, Ikman Ikman, Kodirun Kodirun

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalamdua siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-Adengan jumlah 20 orang. Penelitian ini merupakanPenerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGTdi kelas VIII-ASMP Negeri 1 Lakudo. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan dari keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar matematika. Untuk keterlaksanaan pembelajaran, yaituketerlaksanaan pembelajaran dari guru dan siswa. Keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I gurumencapai94,74% dan siswa mencapai67,11%, siklus II mencapai 94,74% oleh guru dan 72,37% oleh siswa.Untuk hasil belajar matematika,dari 20 orang siswa hanya 9 siswa yang mencapai KKM, meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 11 orang siswa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 16 orang siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Lakudo pada pokok bahasan Operasi Aljabar dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament).
Kata

Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament); hasil belajar matematika

Full Text:

Unduh File

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum2013. Bandung: Refika Aditama.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YramaWidya.

Diali, Musmahmud. (2006). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Kendari pada Pokok Bahasan Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Kendari :Universitas Halu Oleo.

Etin Solihatin, Ali Ӧztűrk. (2014). Increasing Civics Learning Achievement by Applying Cooperative Learning: Team Game Tournament Method. Sociology Study. Turkey. International Jurnal. Sociology Study, November 2014, Vol. 4, No. 11, 949-954 doi: 10.17265/21595526/2014.11.004.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjoko. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada siswa Kleas V SD N Kedung Jambal 02 Kab. Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Universitas Negeri Medan, Medan. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185.

Husniati. (2006).Meningkatkan Prestasi Belajar Ma tematika Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 17 Kendari pada Pokok Bahasan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Kendari: Universitas Halu Oleo.

Jihad, A. dan Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Juliati, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTsN Pekanbaru. Pekanbaru. UIN Suska Riau.

Kosasih, N dan Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Nawi, M. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Vol. 9 No.1.

Rahma Fitri dkk. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batipuh. FMIPA UNP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, 2014: Part 2 Hal 18-22.

Roida E.F.S. & Maya N. (2012). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif 2(1) : 35-44 ISSN: 2088-351X.

Sastriani Bada, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 15 Kendari pada Materi Segiempat. Kendari. UHO.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Supardi U.S. Pengaruh pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematikan ditinjau dari motivasi belajar. Jakarta. Universitas PGRI Jakarta: Jurnal Pendidikan.

Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikan PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: Depdiknas.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wartono, dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Sains (Buku 4). Jakarta: Proyek PSPPP Depdiknas.

Yanti Purnamasari. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Tasikmalaya: Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1, 2014, artikel 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id