ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BENTUK PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDARI

Ays Karlina, La Masi La Masi, Kodirun Kodirun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan Untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2017/2018 pada kelas VIIA. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi, dan (2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut, siswa keliru dalam menuliskan satuan, siswa masih kurang paham bagaimana cara menyamakan kedua ruas, siswa tidak tahu bagaimana cara mengubah soal menjadi model matematika pada soal cerita.

Keywords


analisis kesalahan siswa; persamaan linear; pertidaksamaan linear

Full Text:

Unduh File

References


Andar & Ikman. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 4 No. 2, hal. 1528.

Aunnurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:BSNP.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas. Jakarta.

Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Negeri Malang.

Kusrini. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEDUNESA Vol.3, No.2, Hal 195-205.

Meylan. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Skripsi. FMIPA. Universitas Negeri Gorontalo. Tersedi a: http://kim.ung.ac.id/index.php/KIM FMIPA/article/view/3363/3339. diakses 24 Januari 2017.

Muri yusuf, A. (2015). Esensi dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rika, Febrianti. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id