PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 MAWASANGKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGHETER

Nur Andriani, Hafiludin Samparadja, Kadir Tiya

Abstract


Nur Andriani, (2018), telah melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Mawasangka pada Materi Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Mawasangka pada materi bentuk aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di kelas VIIA SMP Negeri 3 Mawasangka dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar Matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Mawasangka dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Peningkatan dapat dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas pada hasil evaluasi dari siklus I sampai siklus III, secara berturut-turut yaitu: 0%, 44%, dan 80 %. Adapun persentase peningkatan skor ratarata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 25,22, sedangkan siklus II ke siklus III yaitu sebesar 12,4%.

Keywords


model pembelajaran kooperatif, proses belajar-mengajar, hasil belajar

Full Text:

Unduh File

References


Aqib, Zainal. (2015). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Ibnu Taufiq. (2016). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 13 Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kemdikbud.

Fitri, R., Helma, dan Hendra Syarifuddin. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1).

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Ismono, dan Muhammad Nur. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA - University Press.

Ichsan, Muhammad. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi. 2 (1). ISSN: 2460-4917. E-ISSN: 2460 - 5794.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis Dan Praktis. Palembang: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, V. L. P., dan Siswanto, B. T. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi. 06 (01).

Ubaidah, Nila. (2016). Pemanfaatan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Make A Match. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula. 4 (1). ISSN: 2338 - 5988.

Viyanita, E. L. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan Pada Materi Pokok Statistik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Kendari: Skripsi Universitas Halu Oleo.

Wardani, C. K. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Skripsi Universitas Yogyakarta.

Yasin, Salehuddin. (2012). Metode Belajar Dan Pembelajaran Efektif. Jurnal Adabiyah. XII (I). ISSN: 1421 - 6141




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id