ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KENDARI

Jumi Gerhani, Anwar Bey, La Ndia La Ndia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui kesalahan-kesalahan matematika dan persentasenya yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari  materi lingkaran serta faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini ialah: (1) Kesalahan fakta dengan persentase kesalahan siswa kemampuan matematika rendah sebesar 41,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 49,2%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 42,8%, (2) Kesalahan konsep dengan persentase kesalahan siswa kemampuan matematika rendah sebesar 70,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar  35%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 21,4%, (3) Kesalahan operasi dengan persentase kesalahan siswa kemampuan matematika rendah sebesar 0%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar 8%, dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 21,4%, (4) Kesalahan prinsip dengan persentase  kesalahan siswa kemampuan matematika rendah sebesar 94,1%, siswa kemampuan matematika sedang sebesar  60,3% dan siswa kemampuan matematika tinggi sebesar 28,5.

Keywords


kesalahan siswa, tingkat kemampuan, kesalahan prinsip

Full Text:

Unduh File

References


Abdurrahman, Mulyono (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, Nyimas (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Hidayat, Badi Rahmad (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Universitas Sebelas Maret Volume 1, No. 1.

Kamarullah (2005). Analisis Kesalahan Mahasiswa D-2 PGMI IAIN Ar-Ramiry Banda Aceh Tentang Geometri di Madrasah Ibtidaiyah beserta Alternatif Pembelajarannya. Seminar Tesis Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya.

Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahendra, I Wawan Eka. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Singaraja: Undiksha.

Qulfasia, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dengan Aetting Kooperatif JIGSAW Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Skripsi Universitas Halu Oleo: Tidak Diterbitkan.

Poerwadarminta, W.J.S. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahayu, Wa Ode J. (2015). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari pada Materi Eksponen, Logaritma dan Nilai Mutlak. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo Kendari.

Rofiki, Imam (2013). Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Volume 1, 300-310.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B . Bandung: Alfabeta.

Ulifa, Siti Nur (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Sidoarjo Volume 2, No. 1. ISSN: 2337 – 8166.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id