PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 KONSEL

Jamalia Jamalia, Anwar Bey, Lambertus Lambertus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 28 Konsel yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD(2) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 28 Kensel yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional (3) apakah model pembelajaran tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 28 Konsel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Konsel yang terdiri dari 2 kelas. Desain penelitian ini adalah the posttest only control group design. Hasil  yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bilangan pecahan dengan nilai rata-rata 60,44 (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan pecahan dengan nilai rata-rata 48,64 (3) model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


model pembelajaran, model pembelajaran tipe STAD, hasil belajar siswa

Full Text:

Unduh File

References


Aisyah, Nyimas. (2007). Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Anjarsari, Eka. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wakurumba Utara Kabupaten Muna. FKIP UHO: Kendari.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibrahim, H. M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jihad, Asep. Haris, Abdul (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kusmiati (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks dan STAD(Student Team Achievement Division) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Kendari : Universitas Halu Oleo.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Widiastiti, Ayu. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus 1 Mengwi Bandung. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id