PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI 3 WAKATOBI DI BINONGKO

Lelastri Lelastri, Suhar Suhar, Ikman Ikman

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Wakatobi di Binongko yang terdiri dari 3 kelas paralel berjumlah 59 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik class random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 39 siswa, yang terbagi atas dua kelompok  belajar, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol berjumlah 19 siswa. Data diperoleh menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar kognitif matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 80,42; (2) Rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 70,03; (3) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Wakatobi di Binongko.

Keywords


model pembelajaran; pembelajaran konvensional; hasil belajar matematika.

Full Text:

Unduh File

References


Ahiri dan Hafid. (2011). Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Apta. Jakarta.

Dasna, I. W. dan Sutrisno. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasi: Tulip.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hudoyo, Herman. (2000). Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Indriyani, A. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Sikap Pecaya Diri Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Kelas XI IPA SMA Kota Kediri tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis Universitas Sebelas Maret: Tidak Diterbitkan.

Jihad,A. dan haris,A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Mahendra, I Wawan Eka. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Singaraja: Undiksha.

Qulfasia, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dengan Aetting Kooperatif JIGSAW Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Skripsi Universitas Halu Oleo: Tidak Diterbitkan.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar: Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol.1, No.1,38-53.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelaaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id