PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PASARWAJO

Muthmainnah Muthmainnah, Suhar Suhar, Hafiludin Samparadja

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasarwajo yang terdiri dari 8 kelas paralel berjumlah 221 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 48 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada tujuh pertemuan berturut-turut adalah 99%,95%,98%,99%,98%,95% dan 94%; (2) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah 56,66; (3)  rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung adalah 35,05; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


model TPS, hasil belajar matematika, think pair share

Full Text:

Unduh File

References


Ahiri, Jafar. & Anwar Hafid. (2011). Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kurniasih, Imas. dan Berlin Sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Rosa, Yuvita Erpina, dkk. (2015). Metode Scheffe Dalam Uji Komparasi Ganda Analisis Dua Faktor Dengan Interaksi. Buletin Ilmiah Matf. Stat. Dan Terapannya (Bimaster).. Vol 04, No.3, 2015, hal: 375

Sarwadi. (2015). Big Drilling Soal + Pembahasan Tes Potensi Akademi (TPA). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Moxed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Supardi.(2017). Statistik Penelitiam Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Depok: Rajawali Pers.

Suprihatiningrum, Jamis. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id