PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI POTENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KENDARI

Hartina Pratiwi, Hafiludin Samparadja, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kendari yang terdiri dari 9 kelas paralel berjumlah 324. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusterd random sampling sehingga diperoleh XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes potensi akademik dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberi perlakuan model pembelajaran dengan potensi akademik memiliki rerata, simpangan baku, dan skewness yang berbeda antar tiap kelompok; (2) terdapat perbedaan rerata yang signifikan dari faktor model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mempunyai potensi akademik tinggi, sedang, dan rendah; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran matematika dengan potensi akademik peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, potensi akademik peserta didik

Full Text:

Unduh File

References


Afiah, I. (2012). Korelasi antara Potensi Akademik, Motivasi Belajar, dengan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas X Program Unggulan MAN Tambakberas Jombang, Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Malang.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2008). Kualitas Tes Potensi Akademik Versi 07A. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Nomor 2 Tahun XII 2008.

Hendriana, H dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Jihad, A. dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Johnson, E.B. (2012). CTL (Contextual Teaching & Learning). Menjadikan KegiatanBelajar-Mengajar Meng-asyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kadir. (2018). STTATISTIKA TERAPAN. Konsep Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Nugroho, A. (2018). HOTS: Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Grasindo.

Poerwanti, E. (2008). Assesmen Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.

Rosa, Yuvita Erpina, dkk. (2015). Metode Scheffe Dalam Uji Komparasi Ganda Analisis Dua Faktor Dengan Interaksi. Buletin Ilmiah Matf. Stat. Dan Terapannya (Bimaster).. Vol 04, No.3, 2015, hal: 375

Sarwadi. (2015). Big Drilling Soal + Pembahasan Tes Potensi Akademi (TPA). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id