PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMPARA

Kuslinar Kuslinar, Awaludin Awaludin, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sampara tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposiv sampling,  kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel secara random. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes  berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) persentase tingkat keaktifan siswa pada 5 kali pertemuan dengan model pembelajaran Think Talk Write  mengalami peningkatan, yaitu 83,33% sampai 100% (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write  adalah 70,25 (3) Ratarata  kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung adalah 60,80, dan (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Sampara.

Keywords


model pembelajaran think talk write, kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

Unduh File

References


Ansari, Bansu I. (2015), Komunikasi Matematik Strategi Berpikir Dan Manajemen Belajar, Pena, Banda Aceh.

Arnika, Ajeng Dewi & Kusrini. (2013), Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Dengan Metode Kumon Pada Materi Persamaan Lingkaran Di SMAN-Krian, dilihat tanggal 2 Januari 2018, .

Fitria. (2011), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa, Skripsi, FITK, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dilihat tanggal 14 November 2017, .

Hasmiwati. (2017), Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari, Skripsi, FKIP, Universitas Halu Oleo, Kendari.

Irwan. S. (2014), Pengertian Pembelajaran Matematika, dilihat tanggal 27 Oktober 2017, .

Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2012), Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogyakarta.

Martagalasa, Aloisius Rabata Taburarusta. (2015), Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Santo Bonaventura Madiun Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Skripsi, FKIP, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Madiun, dilihat tanggal 27 Oktober 2017, .

National Council of Teacher Mathematics. (1989), Curiculum and Evaluation Standards for School Mathematics, NCTM, Reston, Va.

Rusman. (2012), Model-model Pembelajaran (Edisi Kedua), Raja Grapindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. (2015), Metodologi Penelitian Tindakan Komprehensif, Bandung, Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id