PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Mirnawati Mirnawati, La Ode Ahmad Jazuli, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini dilaterbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari  tahun pelajaran  2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 423 siswa yang terdistribusi pada 11 kelas paralel yaitu dari kelas VIII1 sampai VIII11. Tekhnik pengambilan sampel secara simpel random. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui instrumen Lembar observasi dan tes, instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dalam bentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan. 1) Hasil belajar matematis siswa yang daiajar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 73,77. 2) hasil belajarmatematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranATIdiperoleh nilai rata-rata77,09. 3) aktivitas siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran ATI tergolong aktif; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran ATI.

Keywords


Pembelajaran, Interaction, matematika

Full Text:

Unduh File

References


Ahiri, J dan A. Hafid. 2011. Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Humaniora : Bandung.

Aini, I.N.2013.Meningkatkan literasi matematika siswa melalui pendekatan keteralampilan Matematis. Studi Kuasi eksperimen pada siswa madrasah tsanawiyah. Tesis Pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.

Jihad, dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Soewandi, A. M. Slamet. 2005. Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Yelli dkk,. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe JigSaw, vol.17 no.2 2012, h.22, 2013 (http://www.jpmipa.fpmipa.upi.edu/jurnal-terbaru-volume-17-nomor-2-oktober-2012/




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id