PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 KENDARI

Wa Muli Wa Muli, Jafar Masuha, La Ndia La Ndia

Abstract


Penelitian  eksperimen Posttest Only Control Group Design dengan tujuan: (1) mendeskripsikan   kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang diajar  dengan Inkuiri Terbimbing; (2)  Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Populasi seluruh siswa dan Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar dengan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing  kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari terkategori baik  sebesar 70,31 %. (2) Deskripsi kemampuan koneksi matematis dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (3) Terdapat pengaruh positif  penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari.

Keywords


model pembelajaran; inkuiri terbimbing, kemampuan koneksi matematis

Full Text:

Unduh File

References


Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Maguire, L dan M. Lindsay. (2010). Eksploring Osmosis and Diffusion in Cels. Diakses dari http://ctge_5634. Wikispaces.com/file/view/Diffusion.Osmosis.pdf.November 2016.

NCTM.(1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Ingkuiry pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Diakses dari http://staf.uny.ac.id/20Paidi.UNY.pdf. November 2015.

Ruseffendi.(1979). Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid dan SPG. Bandung: Tarsity.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran yang Berorientasi Standar Proses Pendidiikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, Amin. (2004). Dasar Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.

Widarti, A.(2013). Kemampuan Koneksi Matematisdalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjaudari Kemampua Matematis Siswa.Skripsi. Jombang: STKIP PGRI Jombang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id