PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWERIGADI

Gusnawati Gusnawati, Anwar Bey, Hasnawati Hasnawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Sawerigadi yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari 20 siswa kelas VIIIA, 20 siswa kelas VIIIB. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan motivasi belajar pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Analisis deskriptif kelas VIII SMP Negeri 1 Sawerigadi sebanyak 40 siswa pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata 88,10 (kategori tinggi). Sedangkan variabel hasil belajar matematika nilai rata-rata sebesar 78,20 (kriteria baik). (2) motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawerigadi, yang ditunjukan dengan Y = 39,497 + 0,439 dengan koefisien determinasi yaitu 0,350 atau 35%.
 


Keywords


motivasi belajar, hasil belajar matematika, ex-post facto

Full Text:

Unduh File

References


Abdul Haris, Asep Jihad.( 2013). Evaluasi Pembelajaran,Yogyakarta: Multi Pressindo.

Abdul Halim. (2009). Akuntansi sector Publik Keuangan Daerah, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Hudoyo, H. (1988). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: DepDikbud.

Hamzah B. Uno. (2009). Teori Motivasi dan pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad Asep & Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Persindo.

La Samutu. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Umpan Balik Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawa) Kabupaten Muna. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Suherman, dkk.(2003). Strategi Belajar Mengajar Metematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman.(2000). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana.( 2001).Penilaian Hsil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosda Karya: Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id