ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 5 KENDARI DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Risman Alifin, Kodirun Kodirun, Ikman Ikman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIC SMP Negeri 5 Kendari ditinjau dari perspektif gender. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIIIC SMP Negeri 5 Kendari tahun ajaran 2018/2019 dan dilakukan pada bulan September-Oktober 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berbentuk tes uraian dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis hasil tes kemampuan penalaran dan wawancara terkait kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan tahap penalaran menurut Polya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa subjek perempuan memiliki kemampuan penalaran matematis yang lebih tinggi dibandingkan subjek lakilaki. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis subjek perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki.

Keywords


kemampuan penalaran, gender, tahap penalaran menurut polya

Full Text:

UNDUH FILE

References


Adawia. (2016). Deskripsi Perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri dan SMP Swasta di Kota Kendari Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo. Kendari.

Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Apotema, Vol. 2, No. 1, 2016, hal: 1-14.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Asdi Mahasatya. Jakarta.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasir Pengaraian, Vol. 5 No. 2, 2016, hal: 125-135.

Carvalho, S. F. L. D. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berbentuk Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Segi Gender pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Seyegan. Skripsi. Program Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UP.. Vol 13, No. 2, 2012, hal: 1-10.

Kurniawaty, A. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pesisir Konawe Utara Ditinjau dari Perbedaan Gender. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo (UHO). Kendari.

Mullis, Ina V.S, Martin, O. Michael dan Foy Pierre. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnet Hill United States: Lynch School of Education Boston College.

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan M atematika Yogyakarta: 571-577.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id