PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KENDARI

Risa Nurmala, Hafiludin Samparadja, Mohammad Salam

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari tahun pelajaran 2017/2018 yang berdistribusi dalam 10 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling, kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes  kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) persentasekeaktifan siswa dengan menggunakan model discovery learning pada 5 kali pertemuan, yaitu 70,59% sampai 88,24%, (2) Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model discovery learning 79,16 (3) Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional 71,59 dan (4) Berdasarkan uji t, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Keywords


model pembelajaran discovery learning, kemampuan penalaran matematis

Full Text:

UNDUH FILE

References


Ahiri, J dan A. Hafid. (2011). Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Humaniora : Bandung.

Ansyar, Mohamad. (2015). Kurikulum (Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan). Kencana Prenadamedia Group : Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

Bani, Asmar. (2011). ‘Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing’. Jurnal Edisi Khusus.1(1): 15.

Fitriyah, dkk. (2017). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi’. Jurnal 9(2): 108

Fitmawati, Entya Esa. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri.

Jamilun. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna. Skripsi. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo: Yogyakarta.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Priansa, Donni Juni. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. ArRuzz Media: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id