PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 2 KENDARI

Ningsi Ningsi, La Ndia La Ndia, Zamsir Zamsir

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kendari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas vii dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) di SMP Negeri 2 kendari. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIG SMP Negeri 2 Kendari yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada rata-rata hasil belajarsiswa. Dimulai dari rata-rata ketuntasan belajar siswa, presentase pada distribusi nilai pretest dengan kategori sangat tertinggi adalah 0%, kategori tinggi 5,71%, kategori sedang 68,57%, kategori rendah 25,71%, dan kategori sangat rendah adalah 0%. Sedangkan presentase pada distribusi nilai posttest dengan kategori sangat tertinggi adalah 2,86%, kategori tinggi 65,71%, kategori sedang 31,43%, kategori rendah 0%, dan kategori sangat rendah adalah 0%.

Keywords


think pair share, hasil belajar matematika, peningkatan

Full Text:

UNDUH FILE

References


Asep Jihad dan Abdul Haris. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo Yogyakarta. Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Duda, Hilarius Jago. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asesmennya pada Konsep Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Kalimantan Barat. VOX Edukasi Vol. 1, N0. 2, Juli 2010. [online]. Tersedia di: http://isjd.pdii.lipi.go.Id/admin/jurna l/12103040_2086-4450.pdf. [5 Januari 2014].

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Huda, Miftahul. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Rahayu

Karyasa, I Wayan dkk. (2011). Filsafat Ilmu. Singaraja: Undiksha Press.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik.Terjemahan Marianto Samosir. Educational Psychology: Theory and Practice. 2009. Jakarta: Indeks.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan.Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id