ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DI KOTA KENDARI

Nadilla Kadissa Astuti, Fahinu Fahinu, Jafar Masuha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta di kota Kendari berdasarkan level literasi matematika, domain konten dan konteks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta terakreditasi yang tersebar pada delapan sekolah swasta di kota Kendari. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes kemampuan literasi matematika berbentuk tes uraian.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta di kota Kendari termasuk kategori kurang sekali, dibuktikan dengan rata-rata perolehan nilai siswa di delapan sekolah hanya mencapai 19,87. Selanjutnya bila dikaji berdasarkan level, siswa unggul di level 2 dan kurang dilevel 6. Berdasarkan domain konten, siswa unggul konten shape and space dan kurang konten quantity. Berdasarkan domain konteks siswa unggul konteks  personal dan kurang konten societal

Keywords


literasi matematika, level, konten

Full Text:

UNDUH FILE

References


Hamidy, Anwaril. (2016). Kemampuan Matematika Siswa SMP Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa dan Timss.Tesis UNY: tidak diterbitkan.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika Universitas Negeri Medan. Vol.1, No. 2, 2014, hal: 30-42.

Imran, Arsidaryani Putri. (2017). Analisis literasi matematika dan leyakinan matematik siswa SMA Negeri di Kota Kendari. Tesis UHO Kendari: tidak dipublikasikan.

Johar, Rahmah. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012, ISSN: 2302-5158.

Mahdiansyah dan Rahmawati. (2013). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud.

Maryanti, Era. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: a View Perspective from PISA. Diakses tanggal 10 Januari 2018 dari www.oecd.org

. (2016). Mathematics Framework PISA 2015. Diakses tanggal 10 Januari 2018 dari www.oecd.org

. (2018). PISA 2015 Result in Focus. Diakses tanggal 10 Januari 2018 dari www.oecd.org

Ojose, Bobby. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?.Journal of Mathematics Education, Vol. 4, No. 1, pp. 89-100, U.S.A.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id