EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMPN 14 KENDARI

La Ode Darwin, Lambertus Lambertus, La Ndia La Ndia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari dengan sampel 2 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik Random class sampling. Pengumpulan data dilakukan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Model pembelajaran kooperatif Jigsaw kelas VIII SMPN 14 Kendari terkategori baik. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematik kelas VIII1 SMPN 14 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi kubus, balok, prisma dan limasterkategorisedang dengan rata-rata 71,92. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII4 SMPN 14 Kendari yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi kubus, balok,prisma dan limas terkategori kurang dengan rata-rata 57,60. (4) Modelpembelajaran kooperatif Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi kubus, balok,prisma dan limas dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari.

Keywords


pembelajaran kooperatif, jigsaw, pemecahan masalah matematik

Full Text:

UNDUH FILE

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Kontesktual Kurikulum 2013. PT Refika Aditama. Bandung

Anisa, Witri Nur (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal pendidikan Dan Keguruan. Vol.1 No.1.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Widya. Bandung.

Kurniasih, I., dan Sani B. (2015). Ragam Pengembangan Media Pembelajaran. Kata Pena. Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Banjarmasin.

Nurhadi. (2003). Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Shoim, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakata: Ar-Ruzz Media

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiman. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP: Problematika Dengan Cara Melatihkannya.

Wardani, Asizah K (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol 2, No 1 Maret 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id