PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI

La Ode Ahmad, Muchtar Ibrahim, La Arapu La Arapu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang diajar menggunakan model Discovery Learning. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang terdiri dari 7 kelas paralel dengan jumlah siswa sebanyak 345 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian/essay. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil persyaratan analisis diperoleh data hasil belajar matematika siswa kedua kelas berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis “Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang diajar menggunakan model Discovery Learning”.

Keywords


Problem based learning, discovery learning, hasil belajar matematika

Full Text:

UNDUH FILE

References


Dimayati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ilahi, MT. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill, Yogyakarta: Diva Press.

Sani A. Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bui Aksara.

Simamora Raymond H. (2009). Buku Ajar Kependidikan Perawatan. Jakarta: EGC.

Suherman, Eman dan Winatapura. ( 2001). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sunaryo. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC.

Supatmono. (2009). Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo.

Suryadi, Didi. (2007). Ilmu dan Aplikasi pendidikan Bagian III. Jakarta: PT. IMTIMA.

Tampomas, Husein. (2007). Matematika Plus 1A. Jakarta: Ghalia Indonesia. Http://Belajarpsikologi. Com/Macam-Macam Metode Pembelajaran ( Diakses Pada Tanggal 18 Desember 2014).

Http://Rujukanskripsi. Blogspot. Com/2013/06/Kajian Teori Hakikat Hasil Belajar. Html ( Diakses pada tanggal 19 Desember 2014).

Http://Www. Akademia. Edu/6644958/Model Pembelajaran Discovery Learning (Diakses pada Tanggal 28 Desember 2014).

Http://Www. Akademia. Edu/9702143/ Variabel Dimensi dan Indikator (Diakses pada Tanggal 19 Desember). Http://Www. Slideshare. Net Interest Matematika 2011/P-Pt 12334656. Pembelajaran Matematika dengan Metode Discovery. (Diakses pada Tanggal 28 Desember2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id