ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 ASERA

Isfan Isfan, Utu Rahim, La Ode Ahmad Jazuli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat dan (2) untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebanyak 23 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes. Analisis data dilakukan melaluireduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalampenelitianiniadalah: (1) Hasil deskriptif nilai tes hasil belajar matematikasiswa dalam menyelesaian soal-soal fungsi kuadrat siswa berkisar 5 sampai dengan 59 dengan rata–rata 25,9; median 21 dan modus 14; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi kuadrat yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan.

Keywords


analisis kesalahan, fungsi kuadrat, kesalahan konsep

Full Text:

UNDUH FILE

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Clement, (1982). Jurnal of Research in Mathematics Education. Rustom: NCTM

Djamarah, S.B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, H. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Lerner, W. Janet. (1995). Learning Disabilities. Boston: Houghton M. Company

Mercer, Cecil D & Mercer, Ann R. (1981). Teaching Students with Learning Problems. Ohio: Charles E. Merril Publishing

Moleong. (1993). Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Murdanu. (2004). Analisis Kesulitan SiswaSiswa SLTP dalam Menyelesaikan Persoalan Geometri. Tesis: Fniversitas Negeri Surabaya

Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajarkan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widdiharto, Rachmadi. (2008). Diagnosa Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Remedinya. Yogyakarta

Yasin, Soylu dan Enver, Tatar. (2007). Students′ Difficulties with Application of Definite Integration. Educatia Matematica Vol. 3, Nr. 1-2, hal 15 – 27.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id