HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 KENDARI

Frisman Saleh, Anwar Bey, Kodirun Kodirun

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini  sebanyak 328 orang siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:1) Tingkat kecemasan siswa kelas X MIPA dan IPS SMA Negeri 2 Kendari mayoritas berkategori kecemasan berat, dan kecemasan sedang 2)Hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari berkategori sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Tingkat kecemasan siswa kelas X MIPA dan IPS SMA Negeri 2 Kendari mayoritas berkategorikecemasan berat, dan kecemasan sedang (2) Hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari berkategori sangat baik dan baik. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian akhir semester dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari dengan koefisien determinasi masing-masing sebesar 5,4% dan 8,7% keragaman hasil belajar  matematika siswa ditentukan oleh tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian akhir semester.

Keywords


tingkat kecemasan, hasil belajar matematika

Full Text:

UNDUH FILE

References


Chaplin, J.P . (2009) . Kamus Lengkap Psikologi (Ali Bahasa oleh Kartini Kartono). Jakarta: Rajawali Press.

Erlamsyah. (1997). Hubungan Antara Kecemasan Dalam Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 1-6.

Fudyartanta, Ki. (2012). Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hawari. (2008). Manajemen Cemas Stres dan Depresi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Karimi. (2009). Mathematics Anxiety, Mathematics Performance and Academic Hardiness in High School Students. Internasional Journal Education Sains, 1(1): 33-37.

Lazarus, R. S. (1976). Pattern of adjusment and human effectiveness. Tokyo: McGrawhill Kogausha.

Liliana B. (2006). Deskripsi Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SMP Negeri 1

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Suliswati. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Encourage cretivity.

Suryabrata, S. (1998) . Psikologipendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id