PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMP-TQ MUADZ BIN JABAL KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun dari segi hasil belajar matematika. Keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I mencapai 97,37% oleh guru dan 70,40% oleh siswa, siklus II mencapai 94,74% oleh guru dan 71,71% oleh siswa. Hasil belajar siswa meningkat diihat dari persentase tes awal 28,13% telah mencapai KKM, 71,88% pada siklus I dan 78,13% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII-A SMPTQ Muadz bin Jabal Kendari.
Keywords
Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, hasil belajar matematika
Full Text:
UNDUH FILERefbacks
- There are currently no refbacks.
Penerbit:
Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id