PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMPN 1 MAWASANGKA

Asrianto Asrianto, La Ode Ahmad Jazuli, Ikman Ikman

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka. Keterlaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 76.32% oleh guru dan 62.50% oleh siswa, siklus II mencapai 86.19% oleh guru dan 78.95% oleh siswa. Pada siklus III mencapai 91.45% oleh guru dan 84.87% oleh siswa. Hasil belajar matematika siswa meningkat dari hasil tes awat 30% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar dan indikator kinerja meningkat pada hasil tes siklus I  menjadi 45% siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 65% siswa dan pada siklus III menjadi 80% siswa. Disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Wawonii Tenggara dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil yang diperoleh (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkat, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional juga meningkat, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuallization, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematatika.


Keywords


odel Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuallization, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematatika.

Full Text:

UNDUH FILE


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v5i1.7303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id