ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KENDARI

Sumalwan ., Mustamin Anggo, Ikman .

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kendari Tahun Ajaran 2013/2014 pada kelas VIII1. Hasil analisis data  tes digunakan sebagai  dasar  pemilihan subjek  wawancara dan dipilih 6 orang siswa. Data  hasil wawancara digunakan sebagai  pembanding data  hasil  tes. Analisa  data  dilakukan melalui  langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi  data,  penyajian  data  dalam  satuansatuan,
dan verifikasi data. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah: kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal luas permukaan serta volume prisma dan limas ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalah$an prosedur. Faktor penyebab sehingga siswa melakukan kesalahaan yaitu siswa belum memahami definisi prisma dan limas secara baik dan benar, siswa tidak menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan prisma dan limas, siswa tidak memahami soal dengan baik dan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan siswa terkadang tidak mengerti dengan materi yang diajarkan oleh guru.  

 
Kata Kunci: analisis kesalahan siswa; bangun ruang; kesalahan konsep
 


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v2i2.3101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id