EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI

Septian Candra Pratama, La Masi, Rosdiana .

Abstract


Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomaized Posttest-Only Control Group Design. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan PMR memiliki nilai rata-rata 64,073 atau berada dalam kategori baik. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika di atas rata-
rata sebanyak 22 orang dan di bawah rata-rata sebanyak 19 orang. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional memiliki nilai rata-rata 58.786 atau berada dalam kategori cukup. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika di atas rata-rata sebanyak 20 orang dan di bawah rata-rata sebanyak 22 orang. (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan PMR
lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. (4) Berdasarkan efektivitas kriteria yang telah ditetapkan dan perbedaan rata-rata dalam kemampuan pemecahan masalah matematika, pendekatan PMR lebih efektif terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
 

Kata Kunci: efektivitas; pemecahan masalah; matematika realistik


Full Text:

Unduh File

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id