ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KENDARI)

Wa Ode Agustiva, La Ndia, Ikman .

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesalahan-kesalaha yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. (2) untuk mengetahuifaktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4Kendari Tahun Ajaran 2014/2015 pada kelas VII2. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
statistika ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedurual. 2) Faktor- faktor yang menyebabkan siswa kelas VII2 SMP Negeri 4Kendari melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika yaitu siswa tidak memahami soal dengan baik, sehingga siswa tidak mampu mengubah suatu permasalahan kedalam bentuk matematika, siswa kurang memahami bagaimana cara memperoleh mean atau nilai rata-rata, median atau nilai tengah.  

Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, 0bjek matematika, hasil jawaban siswa


Full Text:

Unduh File


DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo,
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 04013127180 / 085241928218, email: jppm@uho.ac.id